Wednesday, June 7, 2017

Kepada yang Sedang Patah Hati

Kepada yang sedang patah hati...
Mungkin kamu sering dianggap tidak bisa move on oleh orang-orang disekitarmu ketika mereka melihatmu yang masih terkenang akan mantanmu. Mungkin kamu hanya butuh waktu, memang benar melupakan orang yang benar-benar kau cinta tak semudah yang dikira, tidak seperti si dia yang baru seminggu putus denganmu sudah memiliki pacar baru. Di dalam artikel “The 5 stages of Grieving The End of Relationship” oleh Jennifer Kromberg disebutkan ada 5 tahap yang dilalui seseorang yang sedang berduka (grieving) karena berakhirnya sebuah hubungan.
Tahap 1 : penyangkalan (denial)
Di sini kita masih belum bisa menerima kenyataan bahwa hubungan sudah berakhir. Kita masih menyimpan fantasi bahwa hubungan kita belum benar-benar berakhir atau masih ada secercah harapan untuk memulihkan hubungan tersebut. Di tahap ini, cewek rentan tergoda mengirim teks kangen kepada mantan.
Tahap 2 : marah (anger)
Sesudah penyangkalan, tibalah tahap kemarahan. Kemarahan ini bisa muncul dalam berbagai manifestasi. Marah kepada mantan, “kenapa kamu bisa sejahat ini? Apa salahku?”. Marah kepada orang-orang lain yang tak bersalah, marah kepada teman-temanmu yang masih berteman dengan mantan. Di fase ini, rasanya kita ingin marah kepada semua orang dan ingin mengirim pesan teks memaki-maki ke mantan.
Tahap 3 : tawar-menawar (bargaining)
Tahap ini terkadang terjadi bersamaan dengan penyangkalan. Pada tahap ini, si cewek berusaha lagi untuk mengembalikan hubungan tersebut. Bisa dengan mengemis dan memberi janji-janji, intinya ingin balikan.
Tahap 4 : depresi (depression)
Hidup sudah tidak ada rasanya. Bahkan, indomie goreng favorit pun terasa hambar. Semua cowok ganteng bagaikan tidak ada rasanya. Kamu merasa dunia sudah berakhir dan tidak ada lagi masa depan.
Tahap 5 : penerimaan (acceptance)
Inilah tahap terakhir saat kamu akhirnya “berdamai” dengan keadaan dan dapat menerima kehilanganmu akan dia. Tahap ini memang tidak terjadi secara instan, tetapi secara bertahap. Penerimaan artinya belajar melepaskan (letting go) dari hubungan yang telah berakhir, lalu mulai move on dari hidup. Jika rasanya tahap ini tidak kunjung datang, mungkin karena masih nyangkut di tahap sebelumnya.

Untukmu yang sedang patah hati, kau harus tau mengenai tahap di atas karena agar kau mengerti bahwa situasi jungkir balik emosional yang sedang kau rasakan sesudah putus cinta adalah normal. Selain itu, mengerti berbagai tahapan di atas juga bisa membantumu menahan diri dari melakukan hal-hal yang gegabah. Kalau kamu lebih mengerti apa yang kamu alami , kamu akan lebih bijak dalam mengatur diri sendiri. Selain itu, kita bisa mengerti bahwa proses move on memerlukan waktu. Bahwa tidak ada proses pemulihan dari berakhirnya hubungan yangn terjadi secara instan. Walaupun memakan waktu, percayalah bahwa pada akhirnya kamu akan kembali baik-baik saja.

Sumber : Manamoring, Henry. 2015. The Alpha Girl’s Guide. Jakarta : Gagas Media.



No comments:

Post a Comment