Tuesday, January 8, 2019

Manfaat Membaca Buku bagi Pelajar: Sebuah Opini

Menurut studi “Most Literred Nation in the world” yang dilakukan oleh Central Connecticut State University pada tahun 2016 lalu, Indonesia menempati posisi 60 dari 61 negara dalam hal minat baca. Sangat memprihatinkan ketika melihat hasil studi tersebut, ditambah lagi menurut data Perpustakaan Nasional tahun 2017, orang Indonesia rata-rata hanya membaca tiga sampai empat kali per minggu, sementara jumlah buku yang dibaca hanya lima sampai sembilan buku per tahun.
Banyak hal yang membuat minat baca masyarakat Indonesia sangat rendah. Minimnya akses mendapatkan buku di daerah terpencil membuat masyarakat daerah terpencil memiliki minat baca yang rendah. Sementara itu, masyarakat kota yang memiliki akses mudah mendapatkan buku lebih tertarik dengan bermain internet dari pada membaca buku. Melihat pertumbuhan teknologi yang pesat serta akses internet yang mudah dijangkau menyebabkan masyarakat lebih tertarik berselancar di internet menggunakan gawainya dibandingkan melakukan aktivitas membaca buku. Padahal, membiasakan membaca buku sejak dini merupakan aktivitas yang seharusnya ditanamkan agar menjadi sebuah kebiasaan karena terdapat banyak manfaat dari membaca buku. Beberapa manfaat membaca buku bagi pelajar adalah sebagai berikut:
1.      Membaca buku dapat memperbanyak kosa kata yang tentunya akan memberikan banyak keuntungan. Ketika kamu memiliki banyak kosa kata dari buku yang dibaca, maka akan memudahkanmu saat berbicara, kemudian kamu bisa berbicara dengan baik dengan memilih kosa kata yang beragam sehingga membuatmu lebih percaya diri ketika sedang berbicara dengan partner bicara. Selain itu, ketika kamu memiliki kosa kata yang banyak, kamu akan lebih mudah mempelajari bahasa baru karena kemampuan bahasa didukung oleh kosa kata yang banyak dan beragam. Sebagai tambahan, memiliki banyak kosa kata juga dapat membuatmu bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi melalui pertukaran informasi yang kamu miliki.
2.      Membaca buku juga dapat menambah wawasan tentang berbagai topik yang sebelumnya tidak dimengerti atau belum diketahui sama sekali. Ketika kamu membaca buku tentang berbagai topik, hal itu akan membuat pengetahuanmu bertambah dan membuat pikiranmu menjadi lebih terbuka serta melihat sesuatu tidak hanya pada satu sisi saja. Saat kamu membaca buku dengan pemahaman yang mendalam, maka kamu dapat dengan mudah mengerti topik dengan lebih detail. Hal tersebut berguna saat kamu sedang menghadapi suatu masalah, kamu akan lebih mudah mengatasi masalah tersebut karena memiliki wawasan yang luas tentang berbagai topik dari buku yang pernah dibaca sehingga membuatmu memiliki banyak pilihan dalam mengatasi masalah tersebut.
3.      Membaca buku berguna untuk membuat kamu terus berpikir kritis dan terbuka pada berbagai pandangan baru. Membaca buku membuatmu berpikir kritis terhadap suatu topik karena ketika membaca membuat pikiran terbuka dan mempertanyakan kembali pandangan terhadap suatu hal. Proses tersebut sangat baik bagi otak karena membuat otakmu berpikir kreatif dan kritis. Dalam proses berpikir kreatif saat membaca tersebut akan membuatmu mampu memproyeksikan kesimpulan dari informasi yang tersedia. Akibatnya adalah pikiran kamu akan lebih terbuka pada suatu hal dan akan menumbuhkan kepekaan sosial pada dirimu.
Berdasarkan penjelasan di atas dapat diketahui banyak manfaat dari membaca buku tetapi tidak semuanya bisa dipaparkan di sini. Dapat disimpulkan bahwa membaca buku merupakan kebiasaan baik yang dapat memberikan banyak manfaat. Oleh karena itu, sudah saatnya kita menerapkan kebiasaan membaca buku sebagai kebiasaan baik dalam kehidupan sehari-hari sehingga angka minat baca masyarakat Indonesia akan meningkat. Ketika angka minat baca di Indonesia meningkat, maka akan memberikan keuntungan pada bidang-bidang lainnya juga. Mulailah membaca buku dengan topik yang ringan atau setidaknya menarik bagimu, tidak usah langsung membaca buku, coba buka buka satu lembar sampai tidak terasa sudah berlembar-lembar. Mari tanamkan gemar membaca sejak dini sebagai kebiasaan baik untuk Indonesia yang lebih baik. 

1 comment:

  1. bosan tidak tahu mesti mengerjain apa..
    ayo di coba keberuntungannya bersama dengan kami
    dan menangkan uang jutaan rupiah hanya bersama dengan i|o|n|q|q

    ReplyDelete